Dari CEO Notes sampai Grup BB

Dahlan Iskan (lahir tanggal 17 Agustus 1951 di Magetan, Jawa Timur), adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos News Network, yang bermarkas di Surabaya. Ia juga adalah Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2009. Pada tanggal 19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menggantikan Mustafa Abubakar.
Terkait kepemimpinanya di PLN, Dahlan membuat beberapa gebrakan diantaranya bebas byar pet se Indonesia dalam waktu 6 bulan, gerakan sehari sejuta sambungan. Dahlan juga berencana membangun PLTS di 100 pulau pada tahun 2011. Sebelumnya, tahun 2010 PLN telah berhasil membangun PLTS di 5 pulau di Indonesia bagian Timur yaitu Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Citrawangan. Selain sebagai pemimpin Grup Jawa Pos, Dahlan juga merupakan presiden direktur dari dua perusahaan pembangkit listrik swasta: PT Cahaya Fajar Kaltim di Kalimantan Timur dan PT Prima Electric Power di Surabaya
Berbagai prestasi Dahlan Iskan menjadi pelajaran berharga bagaimana seorang pemimpin mampu membawa organisasi untuk mencapai target yang optimal. Latar belakang Dahlan Iskan sebagai wartawan sangat mewarnai cara berinteraksi dan mengkoordinir timnya di PLN. Dia berupaya terus melipatgandakan produktivitas perusahaan melalui pengembangan efektifitas organisasi dengan manajemen komunikasi yang handal.
Model komunikasi manajemen yang ia terapkan mencakup dua hal penting. Pertama, Dahlan Iskan menulis CEO notes yang kemudian diedarkan di jajarannya. Notes itu berisi perjalanan dan impian-impian yang diwujudkan selama dia berada di PLN. Segala kebijakan yang beliau terapkan secara ringan dan santai dia tuliskan dalam notesnya. Dahlan berupaya agar semua jajaran di PLN memahami kondisi nyata di lapangan dan usaha apa yang paling strategis untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi. Kedua, Dahlan membangun efisiensi koordinasi dengan membuat grup BB. Waktu itu Dahlan memiliki tujuh grup: grup khusus yang anggotanya semua direksi plus sekretaris perusahaan, grup dengan para general manajer se-Jawa-Bali, grup dengan para general manajer se-Indonesia barat, grup dengan semua general manajer se-Indonesia Timur. Juga saya dengan para manajer perencanaan, grup dengan para manajer keuangan, grup dengan para manajer SDM, dan seterusnya. Keluhan masyarakat, info soal korupsi, pengaduan tender yang main-main dan segala persoalan yang berkembang bisa langsung dikomunikasikan melalui grup BB
Langkah-langkah seperti ini sekaligus bisa menerabas batas-batas hirarkhi dan birokrasi. Juga bisa lebih terbuka. Kekurangan di satu tempat langsung diketahui siapa pun di tempat lain. Kalau tidak terbiasa memang seperti membuka aib dan kelemahan, tapi itulah cara yang efektif untuk melakukan perbaikan sewaktu masih di PLN.
Bentuk organisasi besar seperti PLN memiliki cabang di seluruh pelosok tanah air sangat membutuhkan media komunikasi yang efektif untuk berkoordinasi satu sama lain. Manajemen komunikasi tersebut tetap dipertahankan walaupun Dahlan sudah tidak ada di PLN. Sehingga kebijakan-kebijakan dari pusat dengan lancar diterima di daerah serta dieksekusi di lapangan. Pemanfaatan teknologi baik BB, website, blog dan sebagainya jika dioptimalkan dengan baik akan menjadi sarana yang efektif bagi organisasi.
Manajemen komunikasi yang diterapkan Dahlan Iskan adalah salah satu bentuk knowledge management system. Knowledge management merupakan strategi berbagi informasi atau pengetahuan yang mana menghubungkan satu individu dengan individu lain, atau menghubungkan mereka dengan informasi-informasi sehingga mereka dapat belajar dari pengalaman yang terdokumentasikan tersebut.

Oleh : Karimah Zahrotul Jannah

About sangpengkader

Semangat untuk lebih dari sekedar Luar Biasa
This entry was posted in Rehat Kami. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s