Talaqqi Pengkaderan

              Pengkaderan 40 % Janur dan 60 % fakultas, bagaimana bisa demikian? Padahal yang terlihat selama ini KD Janur seolah-olah memegang porsi dominan dalam pengkaderan di dakwah kampus. Secara umum, KD dalam lingkup formal mengawal pengkaderan. Proses pengkaderan dimulai dari rekrutmen sampai Riayah kader. Namun, sejatinya pengkaderan itu ada di tangan teman-teman fakultas.
Pengkaderan Formal :
Rekrutmen = Display – PUKMKI – diserahkan fakultas untuk dibina dalam mentoring
Riayah kader = PDK 1 – PDK 2 – LASKAR (sertivikasi LASKAR)
SABIT (kelas pagi-siang), up grading, FBI KD, JJ
Melihat gambaran diatas dapat dilihat bahwa proses pengkaderan yang dilakukan UKMKI itu adalah garis pengkaderan formal, melalui pelatihan, kajian, up grading dsb. Sedangkan tujuan besar dari berbagai sarana-sarana formal itu lebih menekankan pada pemahaman-penambahan tsaqofah serta skill tertentu. Namun sudahkah ini menjamin pembentukan kader yang militan itu?
Pembentukan kader berkualitas jika hanya menggantungkan pada dauroh dsb masih sangat jauh untuk membentuk karakter kader itu sendiri. Evaluasi pemahaman juga tidak seutuhnya bisa difollow up melalui sarana-sarana formal ini. Oleh karena itu dalam pembentukan kader yang memegang porsi terbesar dari fakultas. Para pengkader fakultas memeiliki peran penting untuk mengawal dan membimbing kader-kadernya. Pengawalan kader ini mencakup memastikan langsung setiap kader tuntas mengikuti alur pengkaderan, memback up/supporting kader untuk memenuhi targetan dari tiap alur pengkaderan, memonitoring kesehatan kader di forum tarbawinya (mentoring-liqo) dan mengevaluasi pemahaman kader dari dauroh-dauroh yang diikuti. Fokus membimbing dalam proses mengkader mencakup 3 poin penting : mengajari – mengikutsertakan – mengarahkan. Ketiga aspek ini tujuan akhirnya adalah memastikan bahwa seorang kader memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik untuk mengemban amanah. Mengajari segala hal tentang proses dakwah kampus, atau jika spesifik pada keterampilan atau kemampuan tertentu. Pada saat proses pengajaran ini, seorang pengkader membersamai kader tersebut, mencoba menuntun tiap langkah yang harus dijalan. Kemudian mengikutsertakan kader ke aktivitas/kegiatan yang secara langsung meng-upgrade kapabilitas kader tersebut, mereka merasakan langsung kondisi lapangan yang kelak juga akan mereka jalani. Terakhir dalam proses pembimbingan adalah memberikan arahan. Ketika mereka sudah melalui dua proses sebelumnya, seorang pengkader tinggal memberikan arahan dan melihat kader yang dibimbing mengeksekusi arahan yang telah diberikan.
Nah, dua proses pengawalan dan pembimbingan itu tidak bisa langsung dihandle oleh KD Janur. Tim KD Janur hanya mengawal dan membimbing BAKORFAK serta memfasilitasi sarana-sarana formal pengkaderan. Tim KD Janur yang memberikan konsep-konsep ideal kepada Bakorfak untuk diterapkan fakultas. Namun kembali lagi yang langsung berinteraksi dengan kader adalah para pengkader fakultas itu sendiri. Sehingga jangan sampai mindset ini terbalik atau tidak dipahami oleh fakultas.
Mungkin KD Janur bisa membantu fakultas, untuk penjagaan kader LASKAR dan kader Janur Junior. Proses pengawalan dan pembimbingan bisa kami berikan, namun itu juga sifatnya tidak sangat intens sebagaimana para pengkader dari fakultas sendiri. Poin pentingnya adalah bagaimana kapasitas-kapabilitas para pengkader fakultas sekarang? Bisakah mereka menjalankan dua tugas pokok tersebut?
Tim KD JANUR harus memperjelas ini semua, agar mindset yang sudah salah kaprah segera diperbaiki. Peran pengkader itu bukan panitia dauroh, atau hanya sebagai dauroh organizer namun lebih menjadikan proses talaqqi pengkaderan berlangsung baik dengan pengawalan dan pembimbingan kader.

Teladan dari para pengkader serta kekuatan dakwah fardiyah juga menjadi kunci-kunci sukses dalam proses pengkaderan. Sukses mengkader berarti sukses membangun generasi yang lebih baik. Insya Allah, atas izin Allah.

About sangpengkader

Semangat untuk lebih dari sekedar Luar Biasa
This entry was posted in Jejak Kami. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s